Menu
 

Segala sesuatu yang diperintahkan Allah pastilah mengandung hikmah berupa kebaikan bagi hamba-Nya. Mungkin ada kalanya kita merasa bingung terhadap suatu hal yang diperintahkan-Nya, seperti mengapa daging babi hukumnya haram? Mengapa diwajibkan shalat? Dan mengapa diwajibkan menutup aurat? namun ketika kita menulusurinya, maka sains akan membuktikan hikmah di balik berbagai perintah tersebut.
Seperti kajian sains berikut ini yang mengungkap hikmah berjilbab. Kita lihat yuk!

1. Selamat dari adzab Allah
Ada dua macam penghuni neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh.” (HR. Muslim).
Dari hadits di atas dapat dicerna sebuah makna bahwa hikmah pertama dari berjilbab adalah terhindar dapi api neraka. Subhananallah, siapa yang tidak ingin?

2. Terhindar dari pelecehan
Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,
Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari).
Maka sebaik-baik wanita adalah yang mampu membetengi dirinya dari fitnah dan tidak berpenampilan sensual sehingga tidak menjadi sumber godaan bagi kaum laki-laki. Untuk mencapai langkah kedua ini, berjilbab adalah salah satu caranya.

3. Akan seperti bidadari surga
Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia atau jin pun sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman: 56).
Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya dan senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah yang merupakan perhiasan yang amat berharga. Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga.

4. Mencegah penyakit kanker kulit
Penelitian menunjukkan bahwa kanker kulit biasanya disebabkan oleh sinar Ultra Violet (UV) yang menyinari wajah, leher, tangan, dan kaki. Kanker tidak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan. Hanya saja, perempuan memiliki daya tahan tubuh lebih rendah dari laki-laki. Oleh karena itu, perempuan lebih mudah terserang penyakit kanker kulit ini.
Oleh karena itu, cara untuk melindungi tubuh dari kanker kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya dengan berjilbab. Karena dengan berjilbab kulit kita terlindungi dari sinar UV. Tubuh juga masih belum terlindungi jika kita berpakaian ketat. Kenapa? Hal itu percuma saja karena sinar UV masih bisa menembus pakaian yang ketat apalagi pakaian transparan. Berjilbab disini haruslah sesuai dengan kriteria yang disyariatkan Quran.

5. Memperlambat gejala penuaan
Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti dialami oleh semua orang yaitu lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh. Gejala-gejala penuaan antara lain adalah rambut memutih, kulit keriput, dan lain-lain.
Penyebab utama gejala penuaan adalah sinar matahari. Sinar matahari memang penting bagi pembentukan vitamin D yang berperan penting terhadap kesehatan kulit. Namun, secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa sinar matahari merangsang melanosit (sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya rusaklah jaringan kolagen dan elastin yang berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit.

Krim-krim pelindung kulit pun tidak mampu melindungi kulit secara total dari sinar matahari sehingga dalam hal ini sains pun menganjurkan perempuan untuk melindungi dan menutup tubuhnya dengan jilbab.

Jilbab adalah kewajiban untuk setiap muslimah. Dan ternyata di balik kewajiban tersebut tak sekedar membawa manfaat ukhrawi namun banyak juga manfaat duniawi, mencegah penyakir kanker dan penuaan salah satunya.
Subhanallah.. demikian beberapa pendapat keilmuan yang telah terungkap mengenai hikmah memakai jilbab. Sudah tidak ragu lagi untuk istiqamah berjilbab kan, dear?

Posting Komentar Blogger

 
Top